Membumikan "Islam Wasathiyah"

Membumikan “Islam  Wasathiyah ” Oleh Teuku Zulkhairi Dosen UIN Ar-Raniry Penulis buku ‘Paradigma Islam Wasathiyah Tu Sop Jeunieb...

Membumikan

“Islam Wasathiyah

Oleh Teuku Zulkhairi

Dosen UIN Ar-Raniry

Penulis buku ‘Paradigma Islam Wasathiyah Tu Sop Jeunieb”

         

Islam Wasathiyah bukanlah Islam aliran baru. Sebab, Wasathiyah merupakan salah satu karakteristik ajaran Islam. Penegasan Wasathiyah sebagai salah satu karakteristik ajaran Islam antara lain ditulis oleh Prof. Yusuf al-Qardhawy  dalam kitabnya berjudul “Khashais al’Amma lil Islam” (1983) atau “Karakteristik Umum Ajaran Islam”. Dalam kitabnya ini, al-Qardhawy menyebut tujuh karakteristik ajaran Islam yang membedakannya dengan ajaran manapun lainnya di dunia ini. Baik ajaran Samawi maupun apalagi yang diproduk oleh manusia di dunia. Tujuh karakteristik tersebut yaitu RabbaniyahInsaniyahSyumuliahWasathiyahWaqi’iyahWudhuh dan Jam’u Baina Tathawwur dan Tsabat.

          Sebelum kita mengulas karakter Islam yang Wasathiyah, lebih baik jika sedikit kita telaan juga karakteristik sebelum Wasathiyah. Pertama, yaitu Rabbaniyah,menjelaskan bahwa Islam sebagai agama dari Allah Swt, dan dimana kita adalah ciptaan Allah Swt serta diharapkan agar kita dapat kembali kepada-Nya. 


Maka ajaran Islam diturunkan bertujuan agar kita umat manusia dapat kembali kepada Allah sebagai Pencipta kita. Islam melalui petunjuk Allah yang tertera dalam Alquran dan petunjuk Rasul-Nya yang tersebut dalam hadis menuntun kita untuk bagaimana menghadapi menjalani kehidupan dunia agar kita bisa sukses di dunia dan sukses di akhirat. 

Maka Allah Swt meminta kita untuk menyiapkan bekal taqwa untuk kembali ke negeri kekalabadi. Dan Rasulullah Saw menjelaskan bahwa “Dunia adalah ladang kita bercocok tanam untuk akhirat”.  

          Sementara itu, pada karakteristik yang kedua, yaitu Insaniyah, menggambarkan bahwa meskipun Islam adalah agama dari langit, namun Islam adalah ajaran yang diturunkan untuk manusia di muka bumi. Oleh sebab itu, Islam memahami betul tabiat manusia sebagai penduduk bumi. Islam memahami betul keadaan manusia. 

Maka dalam ibadah tertentu seperti shalat, jika kita tidak sanggup shalat dengan cara berdiri, maka kita bisa shalat sambil duduk. Pada disisi lain, banyak penjelasan Islam yang menunjukkan bahwa meskipun manusia diciptakan dengan membawa nafsu yang condong kepada kesalahan dan kesilapan, namun di sisi lain Allah Swt menegaskan bahwa diriNya adalah Tuhan Yang Maha Pengampun. Allah akan mengampuni hamba-Nya yang mau meminta ampun atas dosa-soanya.

Lalu, pada karakteristik Syumuliyah, menjelaskan bahwa Islama adalah agama yang melintasi zaman. Menaungi semua kehidupan, berlaku untuk seluruh manusia dan dimana ajarannya meliputi semua persoalan dunia dan akhirat. Semua di atur dalam Islam. 

Dari persoalan yang paling kecil hingga persoalan yang paling besar. Dari kita bangun tidur sampai kita bangun tidur lagi. Bayangkan, sampai kita masuk ke kamar mandi saja di atur, harus dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. Islam juga mengatur bagaimana kita harus tidur. 

Bagaimana kita mengatur diri kita hingga bagaimana kita mengatur negara dan bumi ini. Oleh sebab itu, Allah Swt juga meminta kita untuk “Masuk dalam ajaran Islam secara kaffah”. Tidak boleh kita berislam secara parsial, setengah-setengah. Sebab, ajaran Islam diturunkan untuk mengatur segalanya. 

Dan semua aturan tersebut berfungsi untuk menyukseskan perjalanan hidup kita di dunia hingga ke akhirat. Agar kita dapat berjumpa dengan Rabb kita dengan hati yang ridha dan diridhai.

Nah, karakteristik ke empat menjelaskan bahwa Islam adalah ajaran yang Wasathiyah. Allah Swt menegaskan bahwa kita diciptakan sebagai “ummatan wasathan”, atau “ummat yang pertengahan”. Dan Rasulullah Saw juga menegaskan bahwa “Khairul Umur Ausathuaa”, yaitu bahwa “Sebaik-baik urusan itu adalah yang pertengahan”. Menurut al-Qardhawy, Wasathiyah ini bisa dipahami sebagai tawazun, dengan makna seimbang atau adil. Tidak berat sebelah antara spirtualisme dan materislisme, antara individu dan jama’ah, antara realitas dan idealitas, antara keteguhan dan perubahan, antara orientasi duniawi dan orientasi ukhrawi.

Secara praksis, aplikasi dari karakteristik ini akan menjadikan seorang muslim sebagai  hamba Allah yang senantiasa menjadi manusia unggul dan teladan sesuai dengan harapan Islam. Jika hari ini kita melihat segudang persoalan yang mendera masyarakat muslim sehingga membuatnya lemah di pentas, maka hal itu seringkali terjadi karena jauhnya umat Islam dari pengamalan karakteriktik ajaran yang Wasathiyah.

Ketika jauh dari karakter Wasathiyah ini, maka seseorang akan condong ke salah satunya dan meninggalkan yang lain. Misalnya condong kepada dunia lalu melupakan akhirat. Atau tidak peduli pada urusan bagaimana membuat dunia ini agar lebih baik dan hanya fokus pada urusan akhirat.

Kalau hari kita melihat perpecahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat muslim, maka itu juga terjadi karena menjauh karakteristik Wasathiyah. Akibatnya masyarakat muslim menjadi lemah karena tercera beraih. Sebab, mereka sibuk bertikai dengan sesama mereka. 

Padahal mereka sedang dihadapkan pada persoalan besar di hadapan mereka, yaitu berupa kezaliman dan ketimbangan yang mendera masyarakat muslim di berbagai belahan dunia yang dapat mengancam eksistensi mereka.

Oleh sebab itu, pada titik ini saya menjadi sangat tertarik ketika Tu Sop Jeunieb ketika suatu saat berkata: “Jangan sampai kita ini seperti bertarung di kandang macan. Yang menang dan yang kalah sama-sama akan dimakan macan”. Ungkapan ini diungkapkan Tu Sop ketika beliau berpartisipasi dalam Pilkada Bireuen. 

Saat itu, beliau juga mengatakan, “Siapa bisa menang (dalam Pilkada Bireuen), asalkan anak-anak kita berada di dalam negeri yang memiliki peradaban dan mampu bersaing di pentas global”. Pandangan seperti ini semestinya dimiliki oleh umat Islam lainnya, khususnya pada elit-elit kita. 

Kita harus mampu memposisikan seorang muslim lain sebagai partner kebaikan, bukan lawan. Dan inilah yang antara lain mendorong saya menyelesaikan naskah buku berjudul “Paradigma Islam Wasathiyah Tu Sop Jeunieb” yang beberapa hari lalu dibedah oleh guru besar UIN Ar-Raniry Prof. Syamsul Rijal, M. Nasir Djamil dari DPR RI, Usamah el Madny dari Dinas Dayah dan sastrawan Aceh Thayeb Loh Angen.

Saya melihat ini cara pandang yang sangat penting untuk dibumikan agar sebagai bangsa kita dapat keluar dari segudang persoalan yang mendera kita. Mengutup teori al-Qardhawy, bahwa diantara bukti-bukti Wasathiyah adalah saat dimana seorang muslim dapat menjadi pusat persatuan ummat (Wihdatul Ummah). 

Seorang muslim akan dapat menjadi pemersatu ummat apabila ia mampu memposisikan manusia pada posisi manusia. Sering kita dengar petuah para ulama sufi agar kita jangan pernah merasa diri lebih baik dari orang lain. Alquran bahkan secara tegas juga meminta kita agar jangan merasa diri paling suci.

Dengan cara ini kita akan dapat melihat manusia lain dengan pandangan kasih sayang sehingga kita akan menjadi pusat persatuan. Visi dan misi yang harus kita miliki dimanapun posisi kita adalah memperkuat arus kebaikan dan perbaikan. 

Dimanapun posisi kita tugas kita adalah Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar karena dengan cara itu kita akan menjadi umat terbaik. Selain itu, di antara karakter wasathiyah pada diri seorang muslim adalah ketika dia mampu menunjukkan akhlaknya sesuai dengan akhlak yang diajarkan Rasulullah Saw, senantiasa istiqamah di atas jalan Islam yang lurus. Walllahu a’lam bishshawab.

Related

Paradigma Islam 9042493188243730487

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item