Apa Penyebab Kemunduran Umat Islam?

Kitab ar-Risalah karya Imam Syafi'i Oleh Teuku Zulkhairi Ini adalah foto Kitab Ar-Risalah [Ushul Fiqh] karya Imam Asy-Syafi’i. M...

Kitab ar-Risalah karya Imam Syafi'i
Oleh Teuku Zulkhairi

Ini adalah foto Kitab Ar-Risalah [Ushul Fiqh] karya Imam Asy-Syafi’i. Metodologi Ushul Fiqh yang didirikan Imam Syafi’i telah menjadi “bangunan” kokoh yang mampu menjaga Islam dari penafisiran liberal-bias yang berkembang dewasa ini.  

Bukan hanya itu, metodologi  Ushul Fiqh ini juga sekaligus mempermudah umat Islam dalam mengkaji hukum Islam yang kontekstual agar senantiasa sesuai dalam koridor Alquran dan Sunnah. Karya agung ini telah menempatkan Imam Syafi’i sebagai “Nashiru As-Sunnah”, atau pembela Sunnah.

Sementara dibawahnya adalah salah satu buku akademik yang mencoba melakukan kajian kritis terhadap Ushul Fiqh. Buku ini khususnya mengkaji Ushul Fiqh yang  dikembangkan Imam Al-Ghazali dan Imam Asy-Syatibi dalam perspektif Filsafat Ilmu. 

Kajian kritis dibuku ini sedikit menyimpulkan adanya kaitan antara ketertinggalan umat Islam dewasa ini dengan metodologi Ushul Fiqh [yang dikembangkan Al-Ghazali] yang dipakai umat Islam dalam melakukan penafsiran hukum Islam dari Alquran dan Sunnah sehingga pada akhirnya dipandang perlunya pembaharuan bangunan metodologi Ushul Fiqh.

Namun hemat saya, ketertinggalan umat Islam dewasa ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan Ushul Fiqh, apalagi jika ada yang menyebut  Imam Syafi’i dan al-Ghazali sebagai biang keladi kemunduran umat Islam. 

Metodologi Ushul Fiqh al-Ghazali, seperti sering dijelaskan Dr Jabbar Sabil kepda saya, al-Ghazali justru telah melewati segela fase perkembangan intelektual para Filsuf Barat. Nalar al-Ghazali di masa lampau justru telah sampai pada fase Post-Modernisme yang baru ditemukan pemikir Barat hari ini.

Justru, kemunduran umat Islam dewasa ini karena sudah jauh dari jalur kebangkitan yang pernah dipegang  ummat di masa silam, antara lain ya karena metodologi Ushul Fiqh sudah didobrak, meskipun pendobraknya tidak pernah mampu mendirikan bangunan metodologi serupa yang pernah didirikan Imam As-Syafi’i dan diperkuat antara lain oleh Al-Ghazali.

Kemunduran umat Islam dewasa ini adalah efek ketika penguasa di periode terakhir kejayaan umat Islam terlena dengan kehidupan duniawi sehingga  memudahkan Barat menjajah dunia Islam dan merusak segala tradisi keilmuan umat Islam seperti mencuri manuskrip-manuskrip kita dan dibawanya ke perpustakaan-perpustakaan di Barat, mereka juga membakar kitab-kitab para ulama dan seterusnya.

Kunci ketertinggalan umat Islam dewasa ini adalah pada bidang sains dan teknologi. Sehingga jika kita ingin mengejar ketertinggalan umat Islam dewasa ini, jalurnya Sains dan Teknologi, bukan mendobrak Ushul Fiqh. 

Sesungguhnya, di kalangan umat Islam telah banyak pemikir Islam yang sangat pakar bidang Sains dan Teknologi. Lalu, apa penyebab lain ketertinggalan umat Islam dari Barat?

Kita umat Islam sulit bersatu. Mudah dicerai beraikan [devide et empera?] oleh persoalan sepele, persoalan khilafiyah fiqh.

Pada tataran lokal, kita menghadapi persoalan besar dalam menjaga persatuan karena sebagian kita terlalu mudah membid’ahkan pada perkara-perkara yang sejatinya adalah khilafiyah fiqh sehingga memunculkan pula sikap sebagian umat Islam yang terlalu cepat mewahabikan, sesuatu yang membuat kita semakin menjauh dari persatuan dan membuat kita tidak bisa bergerak menyelesaikan persoalan-persoalan besar dunia Islam lainnya.


Sementara pada tataran internasional, umat Islam dihadapkan pada pemimpin-pemimpin boneka yang mengatur kehidupan mereka. Pemimpin boneka ini, adalah agen-agen kapitalis global yang senantiasa menyiksa mereka.  Pemimpin boneka ini bekerja bukan melayani rakyatnya, melainkan untuk kepentingan asing. Dan kerja-kerja pemimpin boneka ini adalah lanjutan dari penjajahan panjang yang diderita umat Islam. Penjajahan modern ini disokong oleh paham-paham liberal-sekuler yang dikembangkan beberapa sarjana yang telah belajar dari orientalis. Inilah penyebab kemunduran umat Islam dewasa ini. Wallahu a’lam bishshawab.

Related

Paradigma Islam 56454454506740992

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item