Perihal 16 Nama Tokoh Muda Brillian Aceh

Oleh Teuku Zulkhairi Banyak pertanyaan muncul seputar postingan 16 tokoh brillain yang saya Posting di Facebook dan kemudia...


Oleh Teuku Zulkhairi

Banyak pertanyaan muncul seputar postingan 16 tokoh brillain yang saya Posting di Facebook dan kemudian juga dikutip Fanspage Facebook Serambinews.com.

Pertanyaan yang paling sering muncul adalah mengapa tokoh-tokoh lain tidak dimunculkan juga? Sejatinya, saya memilih 16 nama itu bukan untuk menafikan ketokohan tokoh-tokoh lain. Tidak ada maksud ke arah itu sama sekali.

Lalu, mengapa 16 orang ini menurut saya layak disebut sebagai tokoh brillian yang berpotensi menjadi pemimpin Aceh  di masa depan? Tentu, karena kiprah mereka di masyarakat dan kerja-kerja intelektual mereka.

 Pertama, Tgk. H. Muhammad Yusuf A.Wahab
Beliau adalah Ulama muda, pemikir progressif dari kalangan dayah sekaligus juga seorang pengusaha. Coba saja diskusi dengan beliau, pasti anda akan dapati keluasan ilmu beliau. Dan bukan hanya itu, beliau juga aktif membimbing masyarakat. Setiap pengajian yang beliau isi, jamaah selalu tumpah ruah. Beliau juga telah mempelopori lahirnya Dayah Multimedia di Dayah Babussalam Bireuen. Dayah ini salah satunya mengelola Radio Yadara yang kini semakin eksis dan digandrungi masyarakat.

Kedua,  Iskandar Zulkarnaen, Ph.D
Beliau adalah seorang akademisi yang kini menjadi birokrat, menjabat sebagai kepala Dispora Aceh. Berlatar belakang dayah dan sangat progressif. Pernah menjabat sebagai wakil rektor Universitas Malikussaleh [Unimal]. Soal ilmu dan integritas, tidak diragukan lagi tentunya.

Ketiga, Dr. M. Yasir Yusuf, MA
Seorang akademisi, pakar ekonomi Islam yang juga seorang da’i terkemuka. Berdakwah dari satu mesjid ke mesjid lainnya.

Keempat, Rizwan Haji Ali, MA
Beliau adalah akademisi dari Unimal. Tokoh muda ilmiah dan agamis.

Kelima, Bardan Sahidi
Politisi populer yang dikenal merakyat. Kebanggaan masyarakat tanah Gayo. Semakin sering muncul di media massa dengan statmen-statmennya yang mewakili masyarakat.

Enam, Dr. Muntasir A. Kadir, MA
Beliau adalah Rektor Institute Agama Islam [IAI] Al-Aziziyah Samalanga, dosen Unimal dan sekaligus pmpinan Dayah Jami’ah l-Aziziyah Samalanga. Dari kampusnya, beliau telah melahirkan banyak kader-kader dayah yang hari ini telah berkiprah dalam berbagai tananan kehidupan di masyarakat.

Tujuh, Tgk Hasbi Albayuni
Beliau adalah pimpinan Dayah Thalibul HUDA, sebelumnya menjabat sebagai ketua Rabithah Thaliban Aceh [RTA]. Saat ini tercatat sebagai salah satu anggota MPU Aceh dan juga memimpin Majlis Dakwah Al-Bahjah Aceh. Secara rutin mengisi pengajian-pengajian untuk masyarakat dengan peserta yang membludak.

Delapan, Asqalani, S.TH, MH
Mantan Sekjend Rabithah Thaliban Aceh [RTA] yang saat ini memimpin Bawaslu Aceh. Beliau salah satu takoh muda kebanggan kalangan dayah.

Sembilan, Drs. H. Ibnu Sa’dan, M.Pd
Di usia muda, beliau telah menjadi  kepala Kakanwil Kemenag Aceh. Selama menjabat sebagai Kakanwil, ia dikenal dekat dengan para pegawai, tidak membuat jarak dengan bawahannya. Saat ini meski telah pindah tugas ke IAIN Cot Kala Langsa, ia tetap muncul di depan publik.

Sepuluh,   Irwansyah,  ST
Mantan Presiden Mahasiswa Unsyiah yang kini menjadi politisi muda terkemuka di DPRK Banda Aceh. Banyak pihak menyebut ia politisi muda berbakat dengan agresifitasnya di DPRK. Ia salah satu politisi yang mampu membangun komunikasi dengan rakyat, sekaligus komunikasi dengan berbagai elit politik. Agresifitasnya bisa dipantau via akun Facebooknya yang selalu mempublikasi kinerjanya menyelesaikan berbagai persoalan warga Kota Banda Aceh.

Sebelas, Dr. Hafas Furqani
Dosen UIN Ar-Raniry. Pakar ekonomi Islam yang malang melintang dalam berbagai konferensi Internasional. Aset penting Aceh dalam rangka membawa ekonomi Aceh menuju Ekonomi bersyari’ah dan jauh dari praktek ribawi.

Dua belas, Iskandar Al-Farlaky, SH.I
Mantan aktivis kampus yang kini menjadi politisi. Seorang politisi progressif yang kini semakin intens tampil di media dengan berkat kapasitasnya. Ia dikenal dekat dengan konstituennya di Aceh Timur.

Tigas belas, Saiful Akmal, MA
Mantan aktvis kampus UIN Ar-Raniry dan kini sebagai dosen. Masih mahasiswa S3 di Jerman. Pemuda brillian dan bertalenta. Pernah menjadi peneliti di Aceh Institute.  

Empat belas, Amrizal J. Prang, SH, LLM
Akademisi Unimal yang pakar hukum. Tulisan-tulisannya sangat bernas. Mengisi berbagai seminar. Dia disebut-sebut sebagai tokoh muda berbakat.

Lima belas, Tgk Marhaban Habibi
Politisi muda di Aceh Utara. Sebelum menjadi politisi, ia pernah melanglang buana menuntut ilmu sampai ke Pakistan. Aktif menjadi da’i di masyarakat.

Enam belas, Syech Muhajir, S.Ag, LLM
Ia seorang Ulama muda dan pengurus Himpunan Ulama Dayah Aceh [HUDA] kota Langsa. Secara aktif mengajar di dayah dan membimbing masyarakat.


Related

Sosok 683600044307175051

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item