Islah Zaini-Muzakkir Penting untuk Peradaban

Ishlah Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh mendesak dilakukan bukan hanya untuk mensukseskan berba...


Ishlah Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh mendesak dilakukan bukan hanya untuk mensukseskan berbagai agenda pembangunan Aceh, namun juga  agar menjadi catatan sejarah peradaban Aceh. Sebagaimana juga, jika Ishlah tidak dilakukan maka akan menjadi catatan terburuk Aceh sepanjang sejarah di era modern.

Dalam Islam, cukup banyak ayat-ayat Alquran yang menekankan ishlah. Dan memang sudah seharusnya kita kembali kepada Alquran dan hadis ketika di antara umat Islam terjadi perselisihan. Kalau kita kaji, tekanan ishlah dalam Alquran rata-rata berbentuk fiel amar yang berarti ishlah ini adalah “wajib”, sementara pengertian “wajib” itu adalah berpahala jika dilakukan dan berdosa jika ditinggalkan.

Apalagi, di tengah agenda penerapan syari’at Islam di Aceh dan pembangunan peradaban Aceh yang Islami, ishlah antar pemimpin Aceh seharusnya menjadi bagian dari agenda  syari’at yang mendapatkan prioritas total oleh mereka yang memiliki kekuasaan dan akses.

Memang konflik di antara pemimpin kadangkala sulit dihindari, apalagi ketika dihadapkan pada berbagai kepentingan dan kekuasaan, namun kita di Aceh diikat oleh ikatan syari’at Islam dimana saat kita dihadapkan pada persoalan-persoalan kebangsaan maka kita kita harus melihat pandangan Islam dan solusinya.

Karena jika Gubernur-Wakil Gubernur Aceh tidak bisa memimpin diri mereka sendiri, bagaimana mungkin mereka akan sukses memimpin rakyat Aceh yang sangat banyak ini? Kasihanilah rakyat Aceh karena konflik Gubernur-Wakil Gubernur juga akan menjadi konflik mereka, rakyatlah yang paling merasakan akibatnya.

Pada titik ini, orang-orang terdekat Gubernur dan Wakil Gubernur harus bekerja lebih keras lagi untuk mewujudkan ishlah ini, karena tekanan ishlah dalam Alquran juga ditekankan kepada pihak ketiga sepagai pelaku. Artinya, ishlah Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf tidak akan terjadi jika tidak ada pihak ketiga yang mau bekerja keras mewujudkannya. Maka disini kita berharap pada pihak ketiga yaitu orang-orang terdekat Gubernur-Wakil Gubernur, seterusnya para ulama, kalangan perguruan tunggi, aktivis, mahasiswa dan santri.

Lebih dari itu, kita memohon setulus hati kepada Gubernur dan Wakil Gubernur untuk bersedia melakukan ishlah. Insya Allah, ishlah ini akan mendapat sambutan besar dari rakyat Aceh sekaligus mendapat keridhaan Allah Swt. Amiin

Teuku Zulkhairi, MA
Direktur Lembaga Studi Peradaban Islam AFSIC [Aceh Forum for Studi of Islamic Civilization]







Related

Siaran Pers 5126680148916129199

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item