Ustadz Abdul Somad, Da'i Asing Di Akhir Zaman

Oleh Teuku Zulkhairi Kenapa sosok teduh ini kini menjadi "sasaran tembak" sekelompok orang, baik yang dulu sangat pro aho...


Oleh Teuku Zulkhairi

Kenapa sosok teduh ini kini menjadi "sasaran tembak" sekelompok orang, baik yang dulu sangat pro ahok maupun kelompok yang merasa dirinya paling salaf?

Kenapa dakwahnya yang pdhl sangat washatiyah/moderat justru dicari-cari kesalahannya dan lalu dibesar-besarkan untuk "dibunuh" karakternya meskipun tidak akan berhasil?

Saat pertanyaan semacam itu muncul di pikiran saya, langsung saya teringat hadis riwayat Imam Muslim yang menyatakan bahwa Islam datang dalam keadaan asing, lalu kembali di anggap asing di akhir zaman.

Pendapat saya, wujud konkrit Islam dianggap asing di akhir zaman salah satunya adalah dengan dianggap asingnya da'i-da'i yang berdakwah dan menjelaskan perkara Islam secara washatiyah/moderat. Contohnya seperti sosok Ustadz Abdul Shomad ini [di foto pakai microfon].

Di tengah dominasi ekstrim kanan dan ekstrim kiri, serta realitas berkembangnya pikiran-pikiran yang bablas sebagai hasil dari proyek liberalisasi Islam oleh pihak asing, Ustadz Abdul Shomad dalam berbagai ceramah dan bukunya berhasil tampil sebagai da'i yang menjelaskan posisi Islam secara washatiyah, sesuai mahhaj Salafussalih.

Saat sekelompok orang begitu cepat memvonis kafir kpd muslim lain dlm suatu perkara, ia muncul dgn penjelasan Alquran dan hadis serta pendapat para ulama untuk menjelaskan perkara tsb secara luas dan meyakinkan, supaya ummat tdk terjebak saling mengkafirkan.

Ceramah-ceramahnya menunjukkan keluasan ilmunya. Ketegasannya atas perkara Islam menunjukkan posisinya sebagai Ahlussunnah wal Jama'ah.

Berbekal keluasan ilmunya, ia bisa mempertemukan titik temu berbagai perbedaan di tengah umat Islam. Kebijaksanaannya bisa mempertemukan berbagai kelompok umat Islam yang sejatinya hanya dipisahkan oleh perbedaan furu'iyah.

Umat Islam yang merindukan persatuan, tentu akan menyambut dengan gegap gempita.Tapi di sisi lain, ia tegas atas manhaj Islam. Ia tidak kompromistis atas kekufuran, kekafiran, kesesatan.
Dalam menjelaskan perkara Islam, ia mampu menampilkan dalil-dalil dari Alquran, hadis, sejarah dan seterusnya.

Oleh sebab itu, jangan heran jika saat ini Ustadz Abdul Shomad telah menjadi idola baru umat Islam. Ceramahnya sangat ditunggu, jadwalnya super padat.

Setiap muslim punya fitrah insaniyah, maka mereka sangat merindukan ceramah yang washatiyah, tegas dan konsisten di atas jalan Islam yang Rahmatan lil 'alamiin. Dan kriteria itu antara lain ada pada sosok Ustaz Abdul Shomad ini.

Maka jangan geran, da'i seperti ini akan dianggap asing di akhir zaman. Tapi jgn lupa, lanjutkan hadis di atas adalah: "Beruntunglah orang-orang yang asing". Wallahu a'lam bishshawab

[sumber foto: facebook]

Related

Ulama 2523968524420365318

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item