[Catatan Harian] Duhai Masjid Raya Baiturrahman, Semoga Engkau Kelak Menjadi Saksi

Oleh Teuku Zulkhairi Masjid Baiturrahman terus menjadi saksi sejarah perjalanan peradaban Aceh. Bahwa masyarakat Aceh tidak ak...





Oleh Teuku Zulkhairi

Masjid Baiturrahman terus menjadi saksi sejarah perjalanan peradaban Aceh. Bahwa masyarakat Aceh tidak akan pernah melupakan orang-orang yang terzalimi.

Dan, bangsa Aceh insya Allah akan terus menjadi bangsa yang besar dengan bekal kepedulian mereka terhadap sesama, terhadap orang-orang yang terzalimi dimanapun saja mereka berada.

Masyarakat Aceh memahami bahwa ikatan iman dan aqidah melampaui sekat-sekat teritorial, ruang dan waktu. Maka di masjid ini, masyarakat Aceh pernah menyuarakan solidaritas untuk masyarakat Mesir ketika ditindas gerombolan pengkudeta. 

Dan di masjid ini, masyarakat Aceh juga pernah menunjukkan dukungannya kepada bangsa Palestina yang ditindas Israel dengan berkat dukungan atau ketidakpedulian sejumlah pemimpin dunia Arab.

Dan kini, tadi malam, masyarakat Aceh menunjukkan solidaritas dan kebersamaannya untuk Muslim Rohingya, etnis paling menderita di dunia. Ditindas kaum penyembah berhala yang didukung para pendukungnya yang tak bertuhan,

Masjid Raya Baiturrahman insya Allah akan menjadi saksi, saat masyarakat Aceh hidup dalam damai, tapi mereka merasakan kepedihan yang sampai kini dirasakan Muslim Rohingya dan muslim lainnya.

Sebab, Rasulullah Saw mengingat, "bahwa muslim itu adalah seperti tubuh yang jika satu bagiannya sakit maka akan sakit pula bagian lainnya!".

Sungguh, bangsa yang besar hadir karena kepedulian mereka terhadap orang-orang yang terzalimi. Tidak akan menjadi besar suatu bangsa yang hanya peduli pada urusan mereka sendiri.

Duhai Masjid Raya Baiturrahman, semoga engkau kelak akan menjadi saksi di akhirat bahwa basyarakat Aceh tidak pernah melupakan saudara-saudaranya muslim Rohingya, dan di berbagai belahan dunia lainnya. 

Ya Allah, bimbinglah bangsa ini untuk terus berjalan di bawah naungan Islam. Sehatkan para pemimpin kami dalam melayani ummat. Jagalah para ulama kami. Dan ampunilah dosa-dosa kami masyarakat Aceh. 

Ya Allah, bantulah orang-orang lemah dimanapun saja mereka berada. Bantulah orang-orang yang berjuang dijalanMu dimana saja mereka berada,d i belahan bumi manapun. Amiin ya Allah.


Related

Peradaban 6890302455413884676

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item