Kita Adalah "Hamba" Bagi Yang Mengajari Kita Satu Huruf

Ana 'abdu man 'allamanī 'ala harfan . Itulah kalimat yg tepat untuk menjelaskan siapa kita di hadapan seorang guru yg mes...



Ana 'abdu man 'allamanī 'ala harfan. Itulah kalimat yg tepat untuk menjelaskan siapa kita di hadapan seorang guru yg meskipun hanya satu huruf kita diajarkannya.

Kalimat yang diungkapkan oleh Saidina Ali Karamallahu wajhahu ini bermakna seperti judul di atas: "Saya adalah hamba bagi yg mengajariku satu huruf".

Sebagai seseorang yg dijuluki "Pintu Ilmu", tentu Saidina Ali memiliki landasan filosofis yg kuat mengapa ia menegaskan betapa mulianya seorang guru sehingga kita seperti hamba baginya.

Tentu, hal ini karena Islam betul2 memuliakan ilmu dan dg demikian Islam jg meminta kita memuliakan para ahlul 'ilmi.

Bahwa dg ilmu yg diberikan seorang guru, kita dapat membuka jendela ilmu pengetahuan sehingga dg itu memungkinkan seseorang ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Sebagaimana Allah berfirman : "Allah meninggikan derajat orang2 beriman dan berilmu beberapa derajat".

Bagaiamana mungkin seseorang akan meraih derajat tinggi di sisi Allah jk tanpa ilmu? Dan selanjutnya bagaimana ada ilmu tanpa peran para guru, dari guru "aleh ba", guru "abcd" hingga guru2 kita di perguruan tinggi?

Oleh sebab itu, mari selalu do'akan para guru dlm do'a2 kita. Dan mari kita ucapkan bnyk terimakasih atas jasa mereka mendidik kita.

Terimakasih bnyk utk para guru kami di Masjid Baiturrahman Desa Meurbo Panton Labu Aceh Utara. Guru2 kami di SDN Geudong Panton Labu. Guru2 kami di SDN Alue Bungkoh Pirak Timu. Guru2 kami di Dayah Kafilul Yatim Alue Bungkoh, khusuanya alm. Tgk. Jeunieb.

Guru2 kami di Dayah Nurul Iman Alue Bungkoh. Guru2 kami di SLTPN Matangkuli Aceh Utara. Guru2 kami di Dayah Darul Huda Desa Meuria Matangkuli. Guru2 kami di Dayah Babussalam Matangkuli.

Guru2 kami di SMA Matangkuli dan jg MAN Matangkuli. Guru2 kami di Ma'had An-Nu'aimy Jakarta Abi Bakrun Syafi'i, Syaikh Zakaria, Ust Itang Rusmana dan semuanya. Jg guru2 kami di STAIQ Depok.

Guru2 kami di UIN Ar-Raniry. Guru2 kami dlm pelatihan2. Guru2 kami yg kami baca kitab dan buku2nya atau kami hadiri majlisnya.

Sungguh tanpa para guru, kami betul2 akan menjdi manusia tak berguna dunia dan akhirat.

Semoga para guru kami senantiasa berada dlm lindungan Allah Swt, diampuni sgl dosa dan dimudahkan sgl urusannya. Semoga Allah Swt memberi syurga utk guru2 kami. Amiin ya Allah

Related

Romantika Kehidupan 5572426872295139822

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Terbaru

Pesan Buku Klik Gambar

AMP code

Gerakan Santri Aceh

Karya Tulis

Karya Tulis
Buku

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban

Buku Syariat Islam Membangun Peradaban
Buku

Facebook 2

Populer Setiap Saat

Popular Minggu Ini

My Facebook

Comments

item